IKLAN

PRAKTIKUM 2

LAPORAN PRAKTIKUM 2
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
“MANAJEMEN MICROSOFT EXCEL”

 



C:\Documents and Settings\mefrisha\My Documents\Downloads\338648_213879652013377_434768782_o.jpg

Disusun oleh:
Alwi Pratama Rahman
19330011



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JANABADRA
YOGYAKARTA
2019

DAFTAR ISI



BAB I PENDAHULUAN


    1.   Latar Belakang
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

    1.  Tujuan Praktikum
  1. Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep tentang Microsoft Excel..
  2. Mahasiswa diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft Excel.


BAB II TINJAUAN PUSTAKA


    1.  Perisapan Praktikum
      1. Perangkat Keras
Microsoft Office 2010 memerlukan perangkat keras (Hardware) dengan ruang harddisk dan memori yang relatif besar untuk untuk pembuatannya tetapi untuk pemakaiannya / menggunakan hasil file Aplikasinya tidaklah membutuhkan spesifikasi yang besar, tergantung besar kecilnya file yang kita simpan pada komputer tersebut, spesifikasi minimal yang dibutuhkan antara lain :
  • Sistem Operasi Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows 7.
  • Komputer dengan processor 500 megahertz (MHz) atau diatasnya ; 256 megabyte (MB). 
  • RAM ataui diatasnya; DVD drive; 1 gigahertz (GHz).
  • Hard disk 2 gigabyte (GB) disediakan untuk instalasi, 
  • Monitor resolution Minimum 800×600; 1024×768 atau diatasnya. 
  • Untuk Berbasis Web maka koneksi Internet disarankan 128 kilobits per second (Kbps) atau diatasnya.
      1. Perangkat Lunak
Aplikasi yang tersedia pada Office 2010 terdiri dari Access, Exel, InfoPath Designer, InfoPath Filler, OneNote, PowerPoint, Publisher, ShrePoint workspace, Word, dan Communicator. Microsoft juga memperbarui Visio dan Project untuk versi 2010, namun keduanya tidak termasuk dalam versi Office 2010. Perangkat Lunak yang dibutuhkan adalah software Microsoft Office 2010 bisa downloadd disini https://products.office.com/id-id/office-2010.
    1. Dasar Teori
      1. Fungsi Menu dan Icon
  1. Menu File
Pada menu file ada submenu yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Submenu tersebut diantaranya yaitu:
  • New berfungsi untuk membuat lembar kerja baru.
  • Open berfungsi untuk membuka dokumen.
  • Close berfungsi untuk menutup jendela workbook.
  • Save berfungsi untuk menyimpan data.
  • Save As berfungsi untuk menyimpan data yang belum mempunyai nama.
  • Save As Web Page berfungsi untuk menyimpan kedalam halaman web.
  • Save Workspace berfungsi untuk menyimpan sebagai file workspace.
  • File Search berfungsi untuk mencari file workbook.
  • Permission berfungsi untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut.
  • Web Page Preview berfungsi untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
  • Page Setup berfungsi untuk mengatur setting halaman.
  • Print Area berfungsi untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak.
  • Print Preview berfungsi untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
  • Print berfungsi untuk mencetak data.
  • Send To berfungsi untuk mengirimkan file.
  • Properties berfungsi untuk membuat ringkasan file yang aktif.
  • Exit berfungsi untuk menutup program Microsoft Excel.

  1. Menu Edit
Pada menu edit terdapat submenu yang mempunyai fungsi seperti di bawah ini:
  • Undo berfungsi untuk membatalkan perintah terakhir.
  • Redo berfungsi untuk membatalkan perintah Undo.
  • Cut berfungsi untuk memotong naskah.
  • Copy berfungsi untuk membuat duplikat naskah.
  • Office Clipboard berfungsi untuk menampilkan jendela Cilpboard.
  • Paste berfungsi untuk pasangan Cut dan Copy.
  • Paste Spesial berfungsi untuk membantu perintah Copy dan Cut.
  • Paste as Hyperlink berfungsi untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink.
  • Fill berfungsi untuk mengisi data pada sel dan juga range pada lembar kerja.
  • Clear berfungsi untuk menghapus data.
  • Delete berfungsi untuk menghapus dan juga memindahkan data.
  • Delete Sheet berfungsi untuk menghapus sheet.
  • Move or Copy Sheet berfungsi untuk memindahkan serta menyalin sheet pada lembar kerja.
  • Find berfungsi untuk mencari data.
  • Replace berfungsi untuk mengganti data.
  • Go To berfungsi untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain.

  1. Menu View
Pada menu view terdapat submenu yan mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • Normal berfungsi untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal.
  • Page Break Preview berfungsi untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja.
  • Task Pane berfungsi untuk membuka tampilan perintah.
  • Toolbars berfungsi untuk menampilkan toolbar.
  • Formula Bar berfungsi untuk memunculkan baris rumus.
  • Status Bar berfungsi untuk memunculkan status bar.
  • Header and Footer berfungsi untuk membuat header dan footer.
  • Comments berfungsi untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja.
  • Custom Views berfungsi untuk menyimpan area cetak pada workbook.
  • Full Screen berfungsi untuk menampilkan layer secara penuh.
  • Zoom berfungsi untuk mengganti ukuran lembar kerja.

  1. Menu Insert
Pada menu insert terdapat submenu yang mempunyai fungsi seperti di bawah ini:
  • Cell berfungsi untuk menyisipkan sel.
  • Rows berfungsi untuk menambah beris sel.
  • Columns berfungsi untuk menambah kolom.
  • Worksheet berfungsiuntuk menyisipkan lembar kerja.
  • Chart berfungsi untuk membuat grafik.
  • Symbol berfungsi untuk menyisipkan symbol.
  • Page Break berfungsi untuk membuat halaman yang terpotong.
  • Function berfungsi untuk memasukkan rumus fungsi logika.
  • Name berfungsi untuk memberi nama range data.
  • Comment berfungsi untuk memberi catatan pada lembar kerja.
  • Picture berfungsi untuk menyisipkan gambar.
  • Diagram berfungsi untuk membuat diagram.
  • Object berfungsi untuk memasukkan gambar.
  • Hyperlink berfungsi untuk menghubungkan berkas dengan file.

  1. Menu Format
Pada menu format terdapat submenu yang berfungsi seperti berikut ini:
  • Cell berfungsi untuk membuat format sel
  • Low berfungsi untuk mengatur tinggi baris
  • Column berfungsi untuk mengatur lembar kolom
  • Sheet berfungsi untuk memformat sheet
  • Auto Format berfungsi untuk membuat format table
  • Conditional Formating berfungsi untuk memformat nilai data sel
  • Style berfungsi untuk mengubah data pada lembar kerja

  1. Menu Tools
Pada menu tools terdapat submenu yang mempunyai fungsi seperti di bawah ini:
  • Spelling berfungsi untuk memeriksa data.
  • Research berfungsi untuk mencari file.
  • Error Cheking berfungsi untuk mengecek kesalahan.
  • Track Changes berfungsi untuk melihat pengubahan oleh orang lain.
  • Compare and Merge Workbooks berfungsi untuk menggabungkan beberapa workbook.
  • Protection berfungsi untuk mengamankan data.
  • Online Colaboration berfungsi untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya.
  • Goal Seek berfungsi untuk mengubah nilai rumus.
  • Scenarios berfungsi untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel.
  • Formula Auditing berfungsi untuk meletakkan rumus dengan memakai nilai pada sel aktif, mengatur sel dan juga meletakkan data ke rumus.
  • Makro berfungsi untuk menjalankan program makro.
  • Add-Ins berfungsi untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins.
  • Auto Correct Option berfungsi untuk menampilkan perintah auto corret.
  • Custommize berfungsi untuk mengatur toolbars.
  • Options berfungsi untuk membuka menu dan tabulasi.

  1. Menu Data
Pada menu data terdapat submenu yang memiliki fungsi seperti di bawah ini:
  • Short berfungsi untuk mengurutkan data.
  • Filter berfungsi untuk memfilter data.
  • Form berfungsi untuk menambah atau mengurangi data.
  • Subtotal berfungsi untuk menghitung sub total.
  • Validation berfungsi untuk membatasi jenis data yang dimasukkan.
  • Table berfungsi untuk membuat table.
  • Text to Columns berfungsi untuk membuat naskah text menjadi berkolom.
  • Consolidate berfungsi Perintah untuk mengkonsolidasi data.
  • Group and Outline berfungsi untuk menggabungkan data.
  • Pivot Tabel and Pivot Chart Report berfungsi untuk membuat table dan juga grafik pivot.
  • Import External Data berfungsi untuk mengimpor data luar.
  • Refresh Data berfungsi untuk menyegarkan kembali data dari luar.


  1. Menu Windows
Pada menu new window terdapat submenu yang masing-masing mempunyai fungsi seperti berikut:
  • New Window berfungsi untuk menampilkan lembar kerja yang di edit.
  • Arrange berfungsi untuk mengatur jendela.
  • Unhide berfungsi untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden (disembunyikan).
  • Split berfungsi untuk membagi lembar kerja.
  • Freeze Panes berfungsi untuk membuat supaya sel dibawah bisa terlibat.

  1. Menu Help
Pada menu help terdapat submenu yang masing-masing mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • Microsoft Excel Help berfungsi untuk menampilkan office assistant.
  • Show the Office Assistant berfungsi untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih.
  • Microsoft Excel Online berfungsi untuk online.
  • Contact Us berfungsi untuk bantuan pada Microsoft.
  • Check for Updates berfungsi untuk mengupdate.
  • Detect and Repair berfungsi untuk mendeteksi serta memperbaiki Microsoft Excel.
  • About Microsoft Office Excel berfungsi untuk melihat penjelasan tentang Excel.

  1. Microsoft Excel Shortcut Keys
Berikut ini merupakan daftar shortcut key yang adapat digunakan pada Ms Excel:
  • Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet (select all).
  • Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi.
  • Ctrl + I Membuat italic area / sel yang diseleksi.
  • Ctrl + K Menyisipkan link.
  • Ctrl + U Membuat garis bawah area / sel yang diseleksi.
  • Ctrl + P Menampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.
  • Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.
  • F2 Edit sel yang dipilih.
  • F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
  • Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian.
  • F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen.
  • F11 Membuat Chart.
  • Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel.
  • Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu saat ini.
  • Ctrl + ; Memasukan tanggal.
  • Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.
  • Ctrl + 5 membuat strikethrough sel /area yang dipilih.
  • Ctrl + F9 Minimize jendela window.
  • Ctrl + F10 Maximize jendela window.
  • Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka.
  • Ctrl + Page up Memilih Sheet ke arah kiri.
  • Ctrl + Page down Memilih Sheet ke arah kanan.
  • Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka.
  • Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas.
  • Ctrl + ‘ Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
  • Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.
  • Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.
  • Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal
  • Ctrl + Shift + { } Format nomor dalam format persentase
  • Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.
  • Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.
  • Ctrl + Arrow key Pindah ke bagian berikut teks.
  • Ctrl + Space Pilih seluruh kolom.
  • Shift + Space Pilih seluruh baris.





BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM

    1. Menjalankan Microsoft Excel
      1. Memproteksi Worksheet.
Proteksi worksheet dilakukan untuk mencegah perubahan data yang tidak dikehendaki yang dilakukan oleh pihak tidak berwenang melakukan perubahan data. Caranya dengan klik kanan worksheet yang akan diproteksi → klik Protect Sheet → masukkan password → tentukan item apa saja yang masih dapat diubah (beri tanda centang) → klik OK.




















      1. Pengaturan format angka
Dalam pengaturan format angka, seperti: mengatur format penulisan (angka, mata uang, pecahan), lambang mata uang, pemberian lambang persen, koma, serta menampilkan angka nol di belakang koma, dilakukan dengan cara klik Group Number.















      1. Menggunakan Fungsi Matematika.
Klik Insert Function → pilih fungsi yang diinginkan → klik OK








      1. Menulis rumus dengan angka.
 Untuk menuliskan rumus dengan angka, dilakukan dengan menuliskan angka serta operasi hitungnya dalam sel atau formula bar, lalu tekan Enter.
 









      1. Menulis rumus dengan cara menunjuk.
Menulis rumus dengan cara menunjuk merupakan cara menulis rumus yang paling cepat, aman, serta mudah. Penulisan dapat dilakukan antar lembar kerja atau workbook. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil.
  2. Ketikkan tanda sama dengan pada sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil, kemudian tunjuk sel yang akan dijumlahkan dengan pointer, kemudian ketik tanda penjumlahan (+), ketik lagi sel yang akan dijumlah kemudian tekan Enter.






      1. Menggunakan Autosum.
Autosum merupakan fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk melakukan proses perhitungan matematika. Menu-menu pilihan yang terdapat pada fasilitas autosum ini meliputi:











      1. Menggunakan Fungsi Logika.
Pada prinsipnya fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argument untuk menghasilkan nilai True atau False. Fungsi logika secara umum dapat dituliskan sebagai berikut:
IF (logical_test;value_if_true;value_if_false)
Dimana:
  • Logical test merupakan nilai atau ekspresi untuk mengevaluasi benar atau 
  • Value_if_true, merupakan nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi benar.
  • Value_if_false, merupakan nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi salah.
Sebagai pembanding antar argumen, dapat diberikan operasi pembanding seperti tanda =,>, <, ≤, ≥, dan lain sebagainya. Untuk menuliskan fungsi logika, maka perlu diperhatikan penulisan tanda petik dobel (quotation mark) yang berbentuk (") dikarenakan kesalahan dalam menuliskan quotation mark berakibat fungsi logika tidak bisa dijalankan.

Langkah-langkah menuliskan fungsi logika:
  1. Tentukan sel yang akan ditulis fungsi logika.
  2. Awali tanda sama dengan (=), kemudian tuliskan fungsi logika dengan pola: IF (logical_test;value_if_true;value_if_false).
  3. Gunakan tanda pembanding (>), (<), (=), (>=), serta (=<) untuk membandingkan alternatif argumen dalam logika.
  4. Gunakan tanda petik dobel (“) untuk memberikan keterangan argument dalam fungsi logika, dan tanda koma (,) ataupun titik koma (;) secara konsisten dalam penulisan fungsi logika.
 











BAB IV TUGAS

  1. Lakukan percobaan dengan membuat tabel Point “g” pada halaman 4.
Hasil : 







  1. Tentunya kalian pernah mengetahui tentang taman rekreasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sistem pembayaran karcis yang ada di tempat rekreasi tersebut memiliki syarat antara lain:
  1. Jika umur pengunjung kurang atau sama dengan tujuh tahun maka dikategorikan sebagai usia anak-anak. Sedangkan jika umur pengunjung lebih dari tujuh tahun maka dikategorikan sebagai jenjang usia dewasa.
  2. Biaya karcis jika jenjang usia anak-anak, adalah Rp. 5.000,-. Sedangkan jika jenjang usia dewasa, adalah Rp. 10.000,-. Maka tentukanlah jenjang usia pengunjung dan biaya karcis pengunjung, apabila dua persyaratan berikut harus dipenuhi.
Hasil : 

  1. Hasil ujian seorang mahasiswa ditentukan oleh nilai teori dan nilai praktik sebagai berikut:
    1. Mahasiswa dinyatakan lulus jika kedua nilainya >= 60 (nilai teori >= 60 DAN nilai praktik  >= 60).
    2. Mahasiswa dinyatakan lulus jika salah satu nilainya >= 60. (nilai teori >= 60 ATAU nilai praktik >= 60). Tentukan hasil ujian untuk setiap mahasiswa menurut masing-masing persyaratan tersebut.

BAB V PENUTUP

    1.  Kesimpulan
Setelah melaksanakan kegiatan praktikum Pengantar Teknologi Informasi, maka dapat diambil kesimpulan:
    1. Microsoft Excel adalah program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).
    2. Microsoft Excel banyak digunakan oleh para akuntan untuk membantu dalam perhitungan administrasi bisnis dan laporan keuangan.
    3. Untuk memudahkan dalam berbagai perhitungan yang rumit, Microsoft Excel menyediakan fasilitas rumus fungsi.
    4. Penulisan Fungsi dalam Microsoft Excel harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range.
    1. Saran
Saran Praktikum kali ini yaitu mohon kalau ada yang masih tidak paham diajari lagi, Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: