PRAKTIKUM 3
LAPORAN PRAKTIKUM 3
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
“MANAJEMEN PRESENTASI DOKUMEN DENGAN POWERPOINT”
Disusun oleh:
Alwi Pratama Rahman
19330011
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JANABADRA
YOGYAKARTA
2019
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Di Era globalisasi ini, keadaan yang menuntut kita untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan kecanggihan dalam dunia Teknologi Informasi, banyak sekali penemuan-penemuan baru. Selain itu, banyak kemudahan dalam menggunakan fasilitas-fasilitas komputer yang semakin canggih. Salah satunya dengan program aplikasi Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Selain itu, Microsoft PowerPoint akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft PowerPoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Berdasarkan uraian tersebut, kurang lebihnya kita sudah cukup mengerti mengenai Microsoft PowerPoint dalam pemanfaatannya maupun penerapannya dalam suatu presentase agar lebih menarik, efektif, dan jelas tujuannya bilamana kita akan menyampaikan sesuatu kepada audiens.
- Tujuan Praktikum
- Mahasiswa diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft PowerPoint.
- Mahasiswa diharapkan dapat memahami penggunaan Microsoft Office serta berbagai gabungan media sosial.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
- Perisapan Praktikum
- Perangkat Keras
Microsoft Office 2010 memerlukan perangkat keras (Hardware) dengan ruang harddisk dan memori yang relatif besar untuk untuk pembuatannya tetapi untuk pemakaiannya / menggunakan hasil file Aplikasinya tidaklah membutuhkan spesifikasi yang besar, tergantung besar kecilnya file yang kita simpan pada komputer tersebut, spesifikasi minimal yang dibutuhkan antara lain :
- Sistem Operasi Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows 7.
- Komputer dengan processor 500 megahertz (MHz) atau diatasnya ; 256 megabyte (MB).
- RAM ataui diatasnya; DVD drive; 1 gigahertz (GHz).
- Hard disk 2 gigabyte (GB) disediakan untuk instalasi,
- Monitor resolution Minimum 800×600; 1024×768 atau diatasnya.
- Untuk Berbasis Web maka koneksi Internet disarankan 128 kilobits per second (Kbps) atau diatasnya.
- Perangkat Lunak
Aplikasi yang tersedia pada Office 2010 terdiri dari Access, Exel, InfoPath Designer, InfoPath Filler, OneNote, PowerPoint, Publisher, ShrePoint workspace, Word, dan Communicator. Microsoft juga memperbarui Visio dan Project untuk versi 2010, namun keduanya tidak termasuk dalam versi Office 2010. Perangkat Lunak yang dibutuhkan adalah software Microsoft Office 2010 bisa downloadd disini https://products.office.com/id-id/office-2010.
- Dasar Teori
- Fungsi Menu dan Icon
- Home
1. Bullet = member format list dengan symbol.
2. Numbering = memberi format list dengan angka atau huruf.
3. Align level = mengatur level list.
4. Line Spacing = memberi jarak antar baris.
5. Alignment = mengatur posisi peratan kalimat suatu paragraaf.
6.Columns = memberi format kolom.
7.Align Text = mengatur posisi teks.
8. Convert to smartArt = mengubah ke objek smartArt.
9.Text direction= mengatur arah arah teks.
10. Paste = digunakan menempelkan hasil copyan pada slide.
11. Cut = digunakan memotong dan menempel objek slide.
12. Copy = menggadakan objek dala slidde.
13.Format Pointer = mengcopy format objek.
14. New Slide = menambah slide.
15. Layout =menentuka tata letak slide.
16. Reset digunakan = mengembalikan posisi, ukuraan dan hal ynang telah dirubah dislide kembali seperti semula.
17. Delet = menghapus Slide.
18. Font= menentukan jenis font.
19. Font Size = digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
20. Increse = digunakan untuk mengurutkan ukuran font dari yang terbesar.
21. Decrease = digunakan untuk mengurutkan ukuran font dari yang terkecil.
22. Clear all Formatting= digunakan untuk menghapus semua font format.
23. Bold = untuk menebalkan huruf.
24. Underline = Untuk memberi garis bawah pada teks.
25. Italic = Untuk memiringkan teks.
26. Strikethrough = Untuk memberi garis tengah-tenggah pada teks.
27. Text Shadow = digunakan untuk memberi bayangan pada teks.
28. Adjus Spacing = untuk menentukan spasi pada huruf.
29. Change case = untuk menentukan tipe teks apakah uppercaase atau lowercase.
30. Font Color = Untuk memberi warna pada teks.
31. Shape = Untuk menyisipkan bentuk bentuk standar.
32. Quick Styles = Untuk menentukan bentuk visual dari objek sesuai dengan yang ada di power point.
33. Shape Fill = Untuk memberi warna isi pada pada objek shape.
34. Shape Outline = Memberi warna garis pada objek shape.
35. Shape Effect =Untuk memberi efect pada shape.
36. Find = Digunakann untuk mencari kata slide.
37. Replace = digunakan untuk mengganti seluruh kata pada slide dengan kata yang lain.
38. Select = Digunakan untuk menyeleksi teks atau objek.
2. Numbering = memberi format list dengan angka atau huruf.
3. Align level = mengatur level list.
4. Line Spacing = memberi jarak antar baris.
5. Alignment = mengatur posisi peratan kalimat suatu paragraaf.
6.Columns = memberi format kolom.
7.Align Text = mengatur posisi teks.
8. Convert to smartArt = mengubah ke objek smartArt.
9.Text direction= mengatur arah arah teks.
10. Paste = digunakan menempelkan hasil copyan pada slide.
11. Cut = digunakan memotong dan menempel objek slide.
12. Copy = menggadakan objek dala slidde.
13.Format Pointer = mengcopy format objek.
14. New Slide = menambah slide.
15. Layout =menentuka tata letak slide.
16. Reset digunakan = mengembalikan posisi, ukuraan dan hal ynang telah dirubah dislide kembali seperti semula.
17. Delet = menghapus Slide.
18. Font= menentukan jenis font.
19. Font Size = digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
20. Increse = digunakan untuk mengurutkan ukuran font dari yang terbesar.
21. Decrease = digunakan untuk mengurutkan ukuran font dari yang terkecil.
22. Clear all Formatting= digunakan untuk menghapus semua font format.
23. Bold = untuk menebalkan huruf.
24. Underline = Untuk memberi garis bawah pada teks.
25. Italic = Untuk memiringkan teks.
26. Strikethrough = Untuk memberi garis tengah-tenggah pada teks.
27. Text Shadow = digunakan untuk memberi bayangan pada teks.
28. Adjus Spacing = untuk menentukan spasi pada huruf.
29. Change case = untuk menentukan tipe teks apakah uppercaase atau lowercase.
30. Font Color = Untuk memberi warna pada teks.
31. Shape = Untuk menyisipkan bentuk bentuk standar.
32. Quick Styles = Untuk menentukan bentuk visual dari objek sesuai dengan yang ada di power point.
33. Shape Fill = Untuk memberi warna isi pada pada objek shape.
34. Shape Outline = Memberi warna garis pada objek shape.
35. Shape Effect =Untuk memberi efect pada shape.
36. Find = Digunakann untuk mencari kata slide.
37. Replace = digunakan untuk mengganti seluruh kata pada slide dengan kata yang lain.
38. Select = Digunakan untuk menyeleksi teks atau objek.
- Insert
Gambar 3. 2. Tampilan Insert
1. Table = Untuk membuat table.
2. Hyperlink = Untuk membuat nemu link.
3. Actions = Untuk memberi penaganan suatu objek jika tekanan pointer.
4. Header dan footer = Digunakan untuk memberi judul pada atas atau bawah slide.
5. Picture = untuk menyispkan gamabar.
6. Clip art = untuk menyisipkan clip art/gambar yang telah tersedia.
7.Photo Album = Untuk menyisipkan photo album.
8. Shapes = dihunakan untuk menyisipkan betuk-bentuk dasar pada slide.
9. Smart Art = digunakan untuk menyisipkan visualisasi grafik.
10. Chart = digunakan untuk menyisipkan diagram.
11. Text Box = digunakan untuk menyisipkan box yang dapat di isi dengan teks.
12. Word Art = digunakan untuk meyisipkan dekoratif teks pada slide.
13. Date and Time = digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu pada slide yang akan secara otomatis terupdate pada kommputer.
14. Slide Number = digunakan untuk menyisipkan nomer halaman pada slide.
15. Symbol = digunakan untuk menyisipkan karakter yang tidak ada pada keyboard.
16. Object = digunakan untuk menyisipkan emebbed objek.
17. Movie = digunakan untuk menyisipkkan video pada slide.
18. Sound = digunakan untuk mrnyisikan lagu pada sllide.
2. Hyperlink = Untuk membuat nemu link.
3. Actions = Untuk memberi penaganan suatu objek jika tekanan pointer.
4. Header dan footer = Digunakan untuk memberi judul pada atas atau bawah slide.
5. Picture = untuk menyispkan gamabar.
6. Clip art = untuk menyisipkan clip art/gambar yang telah tersedia.
7.Photo Album = Untuk menyisipkan photo album.
8. Shapes = dihunakan untuk menyisipkan betuk-bentuk dasar pada slide.
9. Smart Art = digunakan untuk menyisipkan visualisasi grafik.
10. Chart = digunakan untuk menyisipkan diagram.
11. Text Box = digunakan untuk menyisipkan box yang dapat di isi dengan teks.
12. Word Art = digunakan untuk meyisipkan dekoratif teks pada slide.
13. Date and Time = digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu pada slide yang akan secara otomatis terupdate pada kommputer.
14. Slide Number = digunakan untuk menyisipkan nomer halaman pada slide.
15. Symbol = digunakan untuk menyisipkan karakter yang tidak ada pada keyboard.
16. Object = digunakan untuk menyisipkan emebbed objek.
17. Movie = digunakan untuk menyisipkkan video pada slide.
18. Sound = digunakan untuk mrnyisikan lagu pada sllide.
- Design
Gambar 3. 3. Tampilan Design
1. Page Stup = digunakan untuk mengatur ukuran dan orientasi slide
2. Orientation Slide = digunakan untuk mengatur orientasi slide.
3. Themes = digunakan untuk menentukan tema slide.
4. Themes Colours = digunakan untuk menetukan warna tema pada slide.
5. Themes Fonts = digunakan untuk menentukan font standar pada tema.
6. Themes Effect = digunakan untuk memberi efek tema.
7. Background Style = Digunakan untuk mengganti warna dan bentuk background.
8. Hide Background Grapich = Digunakan untuk menghilangkan gambar pada background.
2. Orientation Slide = digunakan untuk mengatur orientasi slide.
3. Themes = digunakan untuk menentukan tema slide.
4. Themes Colours = digunakan untuk menetukan warna tema pada slide.
5. Themes Fonts = digunakan untuk menentukan font standar pada tema.
6. Themes Effect = digunakan untuk memberi efek tema.
7. Background Style = Digunakan untuk mengganti warna dan bentuk background.
8. Hide Background Grapich = Digunakan untuk menghilangkan gambar pada background.
- Animation
1. Preview = digunakan untuk melihat animasi yang sudah dibuat pada slide.
2. Animate = digunakan untuk menentukan bentuk animasi.
3. Costum Animation = digunakan untuk membuka panel animasi.
4. Slide Transtition = digunnakan untuk menentukan animasi peralihan slide pada presentasi.
5. Transition Sound = digunakan untuk memberi musik pada saat terjadi perubahan slide.
6. Transition Speed = digunakan untuk menentukan kecepatan animasi pergantian slide.
7. Apply to All = digunakan untuk mengaplikasikan bentuk transisi,suara .kecepatann pada seluruh slide.
8. Advance Slide= digunakan untuk memberikan bentuk penanganan pergantian slide.
2. Animate = digunakan untuk menentukan bentuk animasi.
3. Costum Animation = digunakan untuk membuka panel animasi.
4. Slide Transtition = digunnakan untuk menentukan animasi peralihan slide pada presentasi.
5. Transition Sound = digunakan untuk memberi musik pada saat terjadi perubahan slide.
6. Transition Speed = digunakan untuk menentukan kecepatan animasi pergantian slide.
7. Apply to All = digunakan untuk mengaplikasikan bentuk transisi,suara .kecepatann pada seluruh slide.
8. Advance Slide= digunakan untuk memberikan bentuk penanganan pergantian slide.
- Slide Show
1. From Begining = digunakan untuk menampilkan presentasi dari awal.
2. From Curret Slide = digunnakan untuk menampilkan.
3. Costums Slide Show = digunakan untuk menampilkan slide pada waktu presentasi sesuai dengan pilihan.
4. Set Up Slide Show = untuk membuka jendela pengaturan slide show.
5. Hide Slide Show = untuk menyembuyikan slide pada waktu presentasi.
2. From Curret Slide = digunnakan untuk menampilkan.
3. Costums Slide Show = digunakan untuk menampilkan slide pada waktu presentasi sesuai dengan pilihan.
4. Set Up Slide Show = untuk membuka jendela pengaturan slide show.
5. Hide Slide Show = untuk menyembuyikan slide pada waktu presentasi.
- Review
1. Spelling = untuk mengecek ejaan pada slide.
2. Research = untuk membuka panel research.
3. Thesaurus = digunakan untuk mengganti teks pada slide dengan kata yang memiliki arti yang sama.
4. Languange = digunakan untuk mengganti bahasa dalam spelling.
5. Translate= digunakauntuk mengubah kalimat kebahasa lain.
6. New Comment = digunakan komentar pada slide.
7. Delete Comment = digunakan untuk menghapus komentar.
8. Previous Comment = untuk beralih ke komentar sebelumnya.
9. Next Comment = diguakan untuk beralih ke komentar selanjutnyna.
10. Edit Comment = Untuk mengubah komentar..
2. Research = untuk membuka panel research.
3. Thesaurus = digunakan untuk mengganti teks pada slide dengan kata yang memiliki arti yang sama.
4. Languange = digunakan untuk mengganti bahasa dalam spelling.
5. Translate= digunakauntuk mengubah kalimat kebahasa lain.
6. New Comment = digunakan komentar pada slide.
7. Delete Comment = digunakan untuk menghapus komentar.
8. Previous Comment = untuk beralih ke komentar sebelumnya.
9. Next Comment = diguakan untuk beralih ke komentar selanjutnyna.
10. Edit Comment = Untuk mengubah komentar..
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM
- Menjalankan Microsoft Excel
- Mengenal interface (antarmuka) PowerPoint 2007.
- Langkah membuat lembar kerja (dokumen) baru:
- Klik tombol Office Button [a].
- Klik menu New [b].
- Klik Blank and Recent [c].
- Klik Blank Presentation [d].
- Klik tombol Create [e].
- Mengisi textbox sederhana
- Klik pada kotak Click to add title [f] sehingga kursor untuk mengetik teks muncul [g].
- Ketik teks “Praktikum Pengenalan Teknologi Informasi”, tekan Enter, lalu ketik teks “Belajar PowerPoint 2007”.
- Klik pada kotak Click to add subtitle [h].
- Ketikkan “Teknik Informatika Universitas Janabadra Yogyakarta”.
- Menyisipkan slide baru (Office Theme)
- Klik tab Home [i].
- Klik pada tombol bertuliskan New Slide [j].
- Klik Title and Content [k].
- Mengganti layout pada slide:
- Klik tab Home [l].
- Klik pada tombol bertuliskan Layout [m].
- Pilih serta klik pada salah satu Layout pada Office Theme yang akan digunakan [n].
- Mengganti background style dengan themes yang ada:
- Klik tab Design [a].
- Klik salah satu theme yang ada [b] Catatan:
- Untuk melihat theme yang lain klik pada tombol more theme [c].
- Terlihat ketika kita meng-klik pada salah satu theme, maka semua slide akan menggunakan theme yang sama.
- Untuk menggunakan theme tertentu pada slide yang diinginkan. Pilih slide yang akan diformat theme-nya Klik kanan pada theme yang akan digunakan Klik Apply to Selected Slides.
- Mengatur perpindahan slide dengan mengatur waktu tampil slide:
- Klik/pilih slide yang akan diformat.
- Klik pilihan Automatically After [f] untuk menggunakan waktu tampil slide terpilih. Format waktu yang digunakan adalah menit:detik/mm:dd.
- Mengatur suara custom animation:
- Klik kanan pada animasi yang akan diformat suaranya.
- Pilih menu pop-up Effect Options [l] untuk menampilkan dialog format untuk animasi.
- Pada pilihan Enhancements: Sound [m] pilih jenis suara yang akan digunakan.
- Klik tombol OK [n] untuk menggunakannya.
- Menyisipkan hyperlink dengan teks:
- Buatlah sebuah textbox pada slide 2 dengan tulisan “Navigasi ke Slide 5”.
- Pilih (blok) teks yang akan digunakan sebagai hyperlink tadi.
- Klik tab Insert [a], Klik/pilih tombol Hyperlink [e].
- Pada dialog Insert Hyperlink, klik tombol Place in This Document [j] 🡪 kemudian klik pada Slide Titles: Slide 5 [k]. Klik tombol OK [l]
- Mengaktifkan mode Slide Show:
Mengaktifkan mode slide show adalah untuk melihat hasil pembuatan presentasi yang telah dibuat.
- Klik tab View [gg].
- Klik tombol Slide Show [hh] atau cara lain dengan menekan tombol F5 pada keyboard.
- Pada mode Slide Show, slide yang pertama muncul adalah slide 1. Untuk berpindah ke slide, berikutnya klik kiri mouse atau tekan tombol Spasi atau Enter pada keyboard.
BAB IV TUGAS
Buatlah sebuah presentasi sederhana dengan pengaturan sebagai berikut:
- Gunakan fasilitas presentasi baru yang masih kosong.
- Buatlah lima buah slide dengan isi sebagai berikut:
- Simpan dengan nama “Praktikum-3.pptx”.
- Beri Background Slide dengan warna Solid, warna Gradien, atau menyisipkan media
- ClipArt sebagai pengganti background.
- Gunakan efek animasi yang berbeda pada setiap slide, baik dalam kalimat maupun kemunculan slide tersebut.
- Tambahkan Custom Animation untuk melengkapi efek animasi dengan memodifikasi efek animasi slide serta mengatur durasi tampilan slide.
- Gunakan efek perpindahan slide serta sisipkan file suara (sound) dalam slide presentasi.
Hasil :
BAB V PENUTUP
- Kesimpulan
Setelah melaksanakan kegiatan praktikum Pengantar Teknologi Informasi, maka dapat diambil kesimpulan:
- Microsoft Excel adalah program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).
- Microsoft Excel banyak digunakan oleh para akuntan untuk membantu dalam perhitungan administrasi bisnis dan laporan keuangan.
- Untuk memudahkan dalam berbagai perhitungan yang rumit, Microsoft Excel menyediakan fasilitas rumus fungsi.
- Penulisan Fungsi dalam Microsoft Excel harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range.
- Saran
Saran Praktikum kali ini yaitu mohon kalau ada yang masih tidak paham diajari lagi, Terimakasih.