IKLAN

PRAKTIKUM 1

LAPORAN PRAKTIKUM 1
MANAJEMEN MICROSOFT WORD

 




C:\Documents and Settings\mefrisha\My Documents\Downloads\338648_213879652013377_434768782_o.jpg

Disusun oleh:
Alwi Pratama Rahman
19330011




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JANABADRA
YOGYAKARTA
2019

DAFTAR ISI


BAB I PENDAHULUAN


    1.  Latar Belakang
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.


    1.  Tujuan Praktikum
  1. Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep tentang Microsoft Word.
  2. Mahasiswa diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft Word.


BAB II TINJAUAN PUSTAKA


    1.  Perisapan Praktikum
      1. Perangkat Keras
Microsoft Office 2010 memerlukan perangkat keras (Hardware) dengan ruang harddisk dan memori yang relatif besar untuk untuk pembuatannya tetapi untuk pemakaiannya / menggunakan hasil file Aplikasinya tidaklah membutuhkan spesifikasi yang besar, tergantung besar kecilnya file yang kita simpan pada komputer tersebut, spesifikasi minimal yang dibutuhkan antara lain :
  • Sistem Operasi Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows 7.
  • Komputer dengan processor 500 megahertz (MHz) atau diatasnya ; 256 megabyte (MB). 
  • RAM ataui diatasnya; DVD drive; 1 gigahertz (GHz).
  • Hard disk 2 gigabyte (GB) disediakan untuk instalasi, 
  • Monitor resolution Minimum 800×600; 1024×768 atau diatasnya. 
  • Untuk Berbasis Web maka koneksi Internet disarankan 128 kilobits per second (Kbps) atau diatasnya.
      1. Perangkat Lunak
Aplikasi yang tersedia pada Office 2010 terdiri dari Access, Exel, InfoPath Designer, InfoPath Filler, OneNote, PowerPoint, Publisher, ShrePoint workspace, Word, dan Communicator. Microsoft juga memperbarui Visio dan Project untuk versi 2010, namun keduanya tidak termasuk dalam versi Office 2010. Perangkat Lunak yang dibutuhkan adalah software Microsoft Office 2010 bisa downloadd disini https://products.office.com/id-id/office-2010.
    1. Dasar Teori
      1. Ribbon
Memahami Ribbon adalah cara untuk membantu memahami perubahan antara Microsoft Office 2003 serta Microsoft Office 2010. Ribbon memegang informasi versi sebelumnya dari Microsoft Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaikan tab yang mencakup berbagai fitur program besar. Untuk mengakses ribbon dapat dilakukan dengan mouse (klik pada tab yang diinginkan) atau dengan menekan tombol F10 (tampil huruf atau angka pada ribbon) diikuti dengan menekan huruf atau angka untuk memilih menu.




      1. Tab
  1. Tab Home
Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, dimana tab ini menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.




  1. Tab Insert
Tab  ini memungkinkan  untuk memasukkan berbagai  item dalam dokumen dari gambar, clipart, tabel, serta header dan footer.






  1. Tab Page Layout 
Tab ini memiliki perintah mengatur elemen halaman seperti margin, orientasi, menyisipkan kolom, latar belakang halaman, serta tema.





  1. Tab References
Tab ini memiliki perintah untuk digunakan saat membuat daftar isi serta halaman kutipan. Tab ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen.





  1. Tab Mailings
Tab ini memungkinkan dokumen untuk mengirimkan surat seperti mencetak amplop, label, serta gabungan pengolahan surat.










  1.   Tab Review
Tab  ini memungkinkan  membuat perubahan dokumen  karena masalah ejaan serta  tata bahasa. Tab ini memiliki  fitur melacak perubahan yang menyediakan  seseorang dengan kemampuan untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.






  1. Tab View
Tab ini memungkinkan untuk mengubah tampilan dokumen menjadi dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/memperkecil.







BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM

    1. Membuat Dokumen Baru
Klik tombol Start > pilih All Programs > pilih Microsoft Office > pilih Microsoft Office Word. Bila saat sedang bekerja, kemudian pengguna ingin membuka lembar kerja baru yang lain, maka bisa dilakukan dengan cara tekan tombol Ctrl + N.










    1. Menyimpan dan menutup lembar kerja.
Klik tombol Office (Office Button) → pilih Save As → klik Word Document → ketik nama file → klik Save. Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih bekerja, untuk menyimpan kembali cukup ditekan tombol Ctrl+S.








    1. Pemberian nomor halaman.
Klik Insert → klik Page Number → pilih posisi nomor → tentukan posisi akhir nomor yang diinginkan.










    1. Mengganti kata.
Klik Replace pada Ribbon Home → pilih Replace pada kotak dialog Find and Replace → Tulis teks yang akan diganti pada Find What → tulis teks pengganti pada Replace With → Klik Replace. Bila teks pada seluruh lembar kerja ingin diganti, maka klik Replace All.











    1. Membuat Drop Cap.
Drop Cap bermanfaat dalam membuat layout artikel majalah, koran. Caranya adalah pilih huruf yang akan dijadikan Drop Cap → klik tab Insert → klik Drop Cap → klik Drop Cap Options → pilih Drop pada Position → tentukan jenis huruf, jumlah baris serta jarak huruf  kemudian → klik OK.










    1. Membuat Rumus
Klik tab Insert → klik Equation, pilih New Equation → klik rumus yang akan dipilih → tuliskan rumus pada bidang penulisan rumus.











    1. Membuat Amplop
Siapkan lembar  dokumen baru → klik  tab Mailings → klik Envelopes  → isi form tersedia → klik Preview → klik Envelope Options untuk melakukan pengaturan uk amplop → klik Printing Options untuk mengatur pencetakan amplop.








    1. Membuat Grafik
Klik tab Insert → klik SmartArt → pilih kategori SmartArt (grafik) → tentukan jenis grafik yang dinginkan → klik OK → tuliskan teks pada tempat yang telah disediakan, setelah selesai klik tanda X.










BAB IV TUGAS


  1. Buatlah beberapa paragraf menggunakan Microsoft Word yang menceritakan profil diri masing-masing dengan format Drop Cap disertai gambar-gambar pendukung.
Jawab :


A
lwi Pratama Rahman, ya itu namaku, Aku dilahirkan di kabupaten kecil yang berada di Provinsi Kalimantan Timur yang sekarang diubah menjadi Kalimantan Utara, Tarakan nama kabupatennya, aku lahir tanggal 16 November 2019 Pada hari Minggu, Umur 6 tahun aku pindah ke Pulau Jawa, Banyumas Provisi Jawa Tengah itu tempatnya, aku besar disana sampai lulus SMK, Hobiku Main Game, Desain Grafis, dan main ukulele.

  1. Buatlah susunan struktur organisasi tingkat Fakultas Teknik Universitas Janabadra Yogyakarta dengan menggunakan fasilitas grafik SmartArt.
Jawab :
  1. Buatlah sebuah artikel pengantar tentang Teknik Informatika Universitas Janabadra disertai dengan tandatangan serta gambar seperti dicontohkan pada poin (i).
Jawab :








P


rogram Studi S1 Teknik Informatika menjadi salah satu program studi prospektif yang telah Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan surat keputusan bernomor : 2184/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017 . Program studi Teknik Informatika memiliki materi perkuliahan, praktikum, dan aktivitas belajar yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan Sarjana Komputer (S.Kom) yang mampu menyerap, mengaplikasikan, serta mengembangkan ilmu dengan bidang keahlian :


  1. Soft Computing, lingkup keilmuan seperti sistem pakar, sistem pendukung keputusan, smart system, artificial intelligent, semantic web dan Big data.
  2. Mobile Application, lingkup keilmuan untuk pengembangan aplikasi berbasis mobile atau smartphone, Internet of Things, Smart City, Smart Health, Wireless Sensor Network, Intelligent Transportation System, dan Pengembangan Game.
  3. Sistem Informasi Enterprise, lingkup keilmuan guna menjawab tantangan akan kebutuhan perusahaan atau organisasi dalam kebutuhan informasi dan pengambilan keputusan.

BAB V PENUTUP

    1.  Kesimpulan
Setelah melaksanakan kegiatan praktikum Pengantar Teknologi Informasi, maka dapat diambil kesimpulan:
  1. Quick Acces Toolbar: Berisi tool alat alat yang bisa diakses dengan cepat dan umum dipakai. 
  2. Customize quick access toolbar : Adalah rak alat alat untuk diakses lebih cepat yang bisa diatur isi alat alatnya. 
  3. Menu Bar: Berisi perintah alat alat umum yang sudah dikelompokan sesuai fungsinya. Disini banyak menu yang umum dipakai oleh kita. Misalnya Tab Home, Tab Insert, Tab layout 
  4. Kotak dialog : adalah kumpulan perintah kotak dialog yang telah disimpan. 
  5. View Ruler: Adalah menu untuk mengatur tampilan dari Ruler. 
  6. Ruler: Adalah penggaris dari batas yang kertas yang tersedia baik horisontal maupun vertikal. 
  7. Roller adalah bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal 
  8. Status Bar : Adalah menu yang menampilkan status kita di lembar kerja, misalnya nomor halaman, jumlah kata, dan lain lain. 
  9. Halaman Kerja ms.Word: Adalah halaman kertas yang ingin kita tulis. 
  10. Mengatur Tampilan Halaman Kerja : Menu untuk mengatur tampilan seperti print layout, full screen reading, web layout, outline dan draft 
    1. Saran
Saran Praktikum kali ini yaitu mohon kalau ada yang masih tidak paham diajari lagi, Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: